Teks Berjalan

| Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami|

Thursday 12 August 2010

Buku Kas Kecil

Buku Kas Kecil - Gerakan Pramuka disatuan pendidikan tingkat penggalang, para Dewan Penggalangnya diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengelola administrasi pasukannya. Dalam hal ini administrasi Keuangan, barang, daftar anggotanya, rencana kegiatan, ataupun program kerja selama satu tahun yang masih tetap berjalan dibawah pengawasan pembinanya.
Salah satu administrasi yang diperlukan oleh satuan gugus depan diantaranya adalah buku Kas Kecil. Buku ini berfungsi untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam satuan gugus depan tersebut. Pencatatan pemasukan keuangan dilakukan setiap ada dana yang masuk baik dari iuran anggota maupun sumbangan dana dari pihak lain yang intinya satuan gugus depan tersebut memperoleh dana untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan maupun untuk mengembangkan satuan gugus depan.

Adapun contoh Buku Kas Kecil tersebut adalah sebagai berikut : 


Tanggal
Keterangan
Bukti
Masuk
Keluar
Sisa Jumlah
1-12-2010
Sisa Kas Bulan Nopember 2010

Rp 560.000
-
Rp 560.00
5-12-2010
Terima uang iuran bulan Desember

Rp 400.000
-
Rp 960.000
7-12-2010
Membeli 3 tongkat Pramuka
1/XII
-
Rp 60.000
Rp 900.000
Dst..







Keterangan :

  • Tiap-tiap bulan ditutup dan ganti halaman baru untuk pencatatan selanjutnya
  • Semua pengeluaran/pembelian berkuitansi sebagai bukti pengeluaran dan disusun menurut urutan tanggal transakti dan diberi nomor bukti pengeluaran
  • 1/XII = artinya Kwitansi No.1 pengeluaran bulan Desember (XII).
  • Kolom Masuk : untuk dana pemasukan
  • Kolom Keluar : untuk dana Pengeluaran
  • Sisa Jumlah :  sisa dari dana masuk dikurangi dana keluar

Dewan penggalang diharapkan mampu membuat sendiri Buku Kas Kecil ini, bukan hanya memakai buku yang digaris secara manual, tetapi juga mampu membuat dengan teknologi komputer yaitu menggunakan Microsoft Word ataupun Microsoft Excel. Dengan tujuan dimasa yang akan datang mampu menerapkan ilmunya dalam kehidupan berorganisasi yang lebih luas dan lebih besar, serta mampu bersaing dalam dunia kerja. Untuk cara membuat tabel di Microsoft Word silahkan adik-adik klik tutorial Membuat Tabel di Microsoft Word.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar atau pertanyaan anda
Gunakan kolom komentar ini dengan baik dan bijak

motablo.blogspot.co.id