Teks Berjalan

| Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami|

Friday 13 August 2010

Buku Daftar Hadir dan Iuran Anggota


Buku Daftar Hadir dan Iuran Anggota - Dalam kegiaran pramuka diperlukan adanya administrasi pasukan salah satunya adalah Buku Daftar hadir dan iuran anggota. Buku ini berfungsi untuk mencatat kehadiran setiap anggota dan jumlah iuran pada setiap regunya. Bisa juga berguna untuk alat kontrol sampai dimana tingkat antusias adik-adik dalam mengikuti kegiatan pramuka pada setiap pertemuan dan mengukur mental dalam ikut serta mengembangkan Gerakan Pramuka pada gugus depan masing-masing.

Adapun contoh Buku Daftar Hadir dan Iuran Anggota tersebut sebagai berikut : 


Daftar Hadir dan Iuran Anggota
Nama Regu : Macan
Nama Pinru : Reza
Bulan : Agustus 2010

No. Urut
Nama Anggota Regu
Presensi
Ket.
2-8-2010
9-8-2010
16-8-2010



P
I
P
I
P
I
P
I
P
I

1
Brama
A
-
V
500







2
Kumbara
V
500
S
-







3
Arya
i
-
V
500







Dst.












Jumlah

500

1000








Keterangan :
P : Kehadiran
I (Kapital) : Jumlah iuran
I (Kecil) : Ijin
A : Alpa
S : Sakit

 Tabel di atas hanya sebagai contoh, adapun format yang bisa dipakai menyesuaikan pada masing-masing gugus depan. Yang terpenting adalah setiap gugus depan selalu membimbing dan mengawasi anggota pramuka pada tiap regu dalam penyusunan administrasi tersebut. Dengan demikian, tingkat keaktifan anggota pramuka bisa terkontrol dan iuran sukarela dalam tiap regu bisa terkoordinir dengan baik dengan harapan Gerakan Pramuka dalam satuan gugus depan bisa lebih baik, lebih maju dan berkembang sesuai harapan.

Dalam proses pembuatan administasi tersebut diharapkan para anggota pramuka atau Dewan Penggalang atau mungkin juga Dewan Ambalan mampu menggunakan Teknologi yang sudah tidak asing ditengah-tengah masyarakat, yaitu menggunakan Teknologi Komputer, tidak hanya mampu membuat administrasi-administrasi tersebut secara manual. Dengan menggunakan Teknologi Komputer prosesnya akan lebih cepat, lebih rapih, dan arsipnya bisa digunakan kembali jika sewaktu-waktu dibutuhkan.


Dalam pembuatan tabel berbasis komputer, biasanya menggunakan Lembar Kerja Ms. Word ataupun Ms.Excel. Untuk Lebih jelas proses pembuatan tabel di Ms. Word, adik-adik bisa klik pada tutorial Membuat Tabel di Microsoft Word

Demikian penjelasan tentang penyusunan Buku Daftar Hadir dan Iuran Anggota
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar atau pertanyaan anda
Gunakan kolom komentar ini dengan baik dan bijak

motablo.blogspot.co.id