Teks Berjalan

| Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami|

Wednesday 14 January 2015

Software Gratis Deteksi Suhu Komputer

Deteksi Suhu Komputer

Untuk para pengguna komputer, sering dihadapkan pada masalah PC dalam kondisi suhu yang tinggi, ini disebabkan karena prosesor dan hard drive menggunakan daya dengan ruang yang sangat kecil. Karena seringnya terjadi kondisi seperti itu, jika tidak diawasi dan dikendalikan, maka kemungkinan akan menimbulkan masalah pada laptop maupun komputer anda, sobat.

Salah satu masalah yang mungkin bisa ditimbulkan akibat suhu tinggi pada komputer adalah Overheating. Overheating merupakan salah satu penyebab utama kerusakan pada hard drive. Dengan sering mengontrol suhu pada komputer kita bisa meminimalisir masalah tersebut.



Masalah lainnya adalah prosesor rusak, namun jika prosesor mengalami kerusakan kita bisa membeli kembali tapi jangan lupa bahwa anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit alias mahal. Jika yang mengalami kerusakan pada hard drive, selain biaya yang mahal anda akan mengalami kehilangan data, itu adalah kerugian yang sangat tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah prosesor atau hard drive.

Jadi, salah satu tips untuk menjaga kondisi hardware (perangkat keras) komputer/laptop adalah dengan cara memeriksa atau memantau suhu masing-masing komponen, Seperti CPU, Motherboard, Hardisk (HDD), VGA( Kartu Grafis) dan yang lainnya.
Berikut

1. SpeedFan


Software gratis ini mempunyai fitur memantau suhu, Voltase dan juga kecepatan kipas (fan) CPU atau Chipset serta grafik masing-masing informasinya. Selain informasi tersebut, software ini terdapat fasilitas untuk merubah pengaturan beberapa hardware, seperti mengubah clock processor (untuk motherboard tertentu) dan mengatur kecepatan fan/kipas menyesuaikan suhu komponennya.
Untuk Software ini (Speedfan) dapat berjalan di semua windows.
Bagi anda yang membutuhkan software pendeteksi suhu komputer ini, silahkan download dari halaman Softpedia atau website resmi SpeedFan (lalu Tekan tombol Skip AD).

2. CPUID HWMonitor
 Software CPUID HWMonitor, Selin membuat software deteksi CPU, Cpuid juga membuat software kecil gratis untuk memonitor suhu, tegangan (Voltase) serta kecepatan fan (kipas). Penggunaan software ini sangat mudah, hanya tinggal dijalankan dan akan menampilkan informasi yang detail dan memudahkan.
HWMonitor dapat memantau suhu CPU (Processor), VGA (kartu grafis), Hardisk (HDD) dan motherboard secara realtime. HWMonitor juga dapat berjalan disemua windows.

Untuk Versi portable hanya berukuran sekita 445 Kb. (Download CPUID HWMonitor)


3. CrystalDiskInfo
Software untuk memonitor Hardisk (HDD), selain informasi detail tentang hardisk yang digunakan, CrystalDiskInfo juga memberikan informasi suhu Hardisk.
Tersedia Versi Installer dan Portable.
Untuk download silahkan klik di sini


Sebenarnya masih banyak software yang bisa digunakan untuk memonitor suhu hardware komputer, namun untuk pembahasan kali ini, kami hanya membahas 3 sotfware saja, mungkin sudah cukup.

Tips pelengkap
Untuk mengurangi suhu komponen yang tinggi, hindari penempatan yang rapat dengan meja/tembok, pastikan Casing komputer ditempatkan di ruang yang terbuka. Bisa juga menambahkan kipas di dalam Casing, namun perlu diperhatikan agar tidak berlebihan kipasnya, karena juga bisa menyebabkan penggunaan daya yang lebih banyak.

Sekian tutorial dari kami, walaupun sedikit semoga bermanfaat. ^_^

Baca juga artikel tentang : Alqur'an di Ms.Word,  Software Convert Video

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar atau pertanyaan anda
Gunakan kolom komentar ini dengan baik dan bijak

motablo.blogspot.co.id